Pendidikan    Humanity    Budaya    Ekonomi    Hukum    Wisata    Budaya    Artikel    Numismatika   
Home » , , , , , » Kondisi Sekolah Dasar Negeri No.058109 Secanggang,sangat memprihatinkan.

Kondisi Sekolah Dasar Negeri No.058109 Secanggang,sangat memprihatinkan.

Posted by Anak Bangsa on Rabu, April 13, 2011

Foto : MEMPRIHATINKAN : Kondisi salah satu kelas di Sekolah Dasar Negeri No 058109 Dusun II Balai Gajah Desa Teluk, Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat .

 Mhd Salim-Langkat
SD Negeri No 058109 Telaga Jernih di Dusun II Balai Gajah Desa Teluk, Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat  kondisinya sangat memperihatinkan memerlukan perbaikan demi kenyamanan dan keamanan proses belajar mengajar di sekolah tersebut.Kerusakan terlihat pada beberapa bagian  seperti pada bagian atas bangunan sekolah, dinding  dan  perangkat penunjang belajar mengajar lainnya.Menurut informasi yang diperoleh bangunan sekolah dan sarana pendukung lainnya  telah  berusia 28 tahun itu, sudah tampak rapuh termakan jaman.

Sekolah tersebut sangat kekurangan ruang untuk belajar  dan untuk menampung siswa siswa belajar  pihak sekolah sekolah terpaksa ‘menyulap’ rumah dinas guru, kantor guru untuk ruang belajar. Tidak itu saja, ruangan kamar mandi sekolah juga di rubah menjadi ruangan perpustakaan.

“Kondisi bangunan yang sudah lapuk ini ini jelas sangat mengganggu kenyamanan  dan keamanan  proses belajar mengajar. Bahkan pihak sekolah takut sewaktu-waktu bangunan ini akan ambruk ,” tutur Kepala Sekolahnya Suriono SPd, Rabu (13/4).

Dikatakannya, Sekolah ini di bangun tahun 1983 dengan yang terdiri dari 4 ruangan belajar dan  sekarang sudah lapuk dimakan usia. Pihak sekolah telah berupaya memperbaiki beberapa bagian ruangan dengan seadanya  dengan menggunakan papan dari kayu kelapa.

“ Coba bapak lihat kondisinya, dimana plafonnya banyak yang berlobang dan mau jatuh, jendela juga sudah banyak yang tidak ada kacanya lagi,atapnya juga bocor kalau hujan ruangan kelas basah", ujarnya.
Suriono mengakui pada tahun 2007 lalu, sekolah mendapat bantuan satu ruangan belajar baru dan hal  ini tidak banyak membantu proses belajar mengajar di sekolah yang mendidik siswa sebanyak 110  orang ,untuk dapat melaksanakan proses belajar mengajar keseluruhan siswa di dalam kelas,pihak sekolah terpaksa mengfungsikan rumah dinas guru dan kantor sebagai ruangan belajar.

"Kita gunakan kantor guru untuk ruang belajar dan satu lagi rumah dinas guru yang tidak terpakai di jadikan ruang belajar agar tidak terjadi belajar bergantian (paralel)", ujar Suriono.

Menurut Suriono Kepala Sekolah yang telah tiga tahun menjabat di Sekolah tersebut, "karena keterbatasan ruangan,terpaksa mengalih fungsikan kamar mandi (WC) yang tidak terpakai lagi sebagai ruang perpustakaan,agar tidak mubajir telah di jadikan untuk ruang perpustakaan".

"Karena kamar mandi (WC) tidak berfungsi lagi sebagian kita jadikan ruang perpustakaan, kalau ada guru yang mau buang hajat ya numpang di rumah dinas guru yang di tempati, kalau murid yang mau buang air biasanya permisi pulang karena umumnya murid disini rumahnya dekat dengan sekolah", ujar Suriono.

Suriono berharap kepada pemerintah Kabupaten Langkat hendaknya membantu untuk melakukan perbaikan ruangan kelas serta menambah ruangan belajar pada sekolah tersebut.(M. Salim)



SHARE :
CB Blogger

Poskan Komentar

Komentar anda membuat kami lebih berarti....

 
Copyright © 2014 Anak Bangsa. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger