Home » , , » Tim Gabungan Operasi di Kawasan Suaka Margasatwa Langkat Timur Laut

Tim Gabungan Operasi di Kawasan Suaka Margasatwa Langkat Timur Laut

Posted by Anak Bangsa

Tempatkan Iklan Anda disini..

Tim Gabungan melakukan pengembalian lahan kawasan Suaka Margasatwa Langkat Timur Laut,
Di Desa Selotong Kecamatan Secanggang dan Desa Tapak Kuda Kecamatan Tanjung Pura/Foto M.Salim
Langkat- M.Salim
Operasi gabungan BBKSDA, TNI dan Polri untuk mengembalikan fungsi kawasan konservasi di Suaka Margasatwa Langkat Timur Laut (LTL), Kabupaten Langkat telah selesai, dan pasukan dari TNI dan Polri telah ditarik. Meski demikian Polisi Kehutanan terus melakukan patroli di sekitar lahan kawasan sambil menunggu restorasi (penanaman) kembali lahan tersebut. Demikian disampaikan Kasi KSDA Wilayah II Stabat, Herbert BP Aritonang yang juga sebagai ketua tim Operasi, Sabtu (29/11).
Operasi yang diawali dari mengembalikan lahan kawasan Suaka Margasatwa Langkat Timur Laut di Desa Selotong Kecamatan Secanggang yang dialih fungsikan sebagai tambak intensif maupun tambak alam, dan berakhir kemarin di Desa Tapak Kuda Kecamatan Tanjung Pura, dimana petugas gabungan di Desa Tapak Kuda melakukan penebangan pohon sawit sebanyak 1000 batang dan menjebol tambak di lahan seluas 40 hektar yang masuk dalam Kawasan Suaka Margasatwa.
“Operasi telah selesai namun Polhut terus menjaga lahan yang sudah dikembalikan dengan melakukan patroli rutin sembari menunggu restorasi kembali”, ujar Herbert
Personil Tim Gabungan Operasi pengembalian lahan kawasan Suaka Margasatwa Langkat Timur Laut
/ Foto : Negara Topa
Masih Herbert untuk penjagaan ini kita menggunakan Polhut dengan melakukan patroli dilahan kawasan Suaka Margasatwa yang sudah siap untuk direstorasi. Operasi represif yang berlangsung selama 12 hari ini menurunkan 140 personil gabungan dan menggunakan alat berat excavator dan gergaji mesin sehingga kerja bisa lebih cepat.
Kawasan Suaka Margasatwa Langkat Timur Laut yang sempat beralih fungsi ini akan segera di tanami kembali dengan mangrove untuk mengembalikan fungsi konservasi, selain itu lahan yang sudah ditanami nanti akan terus dijaga dan dirawat sehingga bisa cepat kembali hijau.
“Kita sedang mencarikan bibit mangrove untuk restorasi dikawasan ini”, pungkas Herbert BP Aritonang.*

Anak Bangsa :Menatap Mentari Di Kaki Ufuk Dengan Penuh Asa..........


0 komentar: